Formula 4E Untuk Tulisan Yang Kuat


 

Ada empat prinsip yang perlu kita perhatikan untuk menghasilkan  karya yang kuat. Inilah yang biasa dikenal dengan Formula 4E, yakni entertainment, escape, esthetic, dan education.

Entertainment

Karya yang baik mengandung unsur hiburan. Artinya, sepelik apapun masalah yang kita bahas atau tema yang kita angkat, seorang penulis hendaknya menyajikan dengan cara yang nyaman. Tulisan kita membuat pembaca senang karena dapat menjadi teman di saat lelah, menemukan semangat saat putus asa, dan memperoleh kegairahan saat mencerna isi bacaan

Alhasil, membuat tulisan menghibur berarti mengemas secara cerdas tema yang kita angkat sehingga menyenangkan saat dibaca. Bukan memaksakan dirimembumbui tulisan dengan hal-hal yang sensual, humor murahan, atau anekdot yang merendahkah orang lain.

Escape

Kemaslah tulisan agar menjadi perhentian sejenak bagi pembaca. Mereka dapat mengambil jarak dari masalah, untuk kemudian mencari titik jernih. Ada semacam celah bagi jiwa yang penat. Ada semacam saluran kecil yang bisa meringankan mereka dalam menghadapi  kejenuhan hidup sehari- hari. Pembaca menemukan exit window. Jalan Keluar

Esthetic

Aspek lain yang membuat tulisan kita terasa dekat di hati adalah nilai estetik yang terkandung di dalamnya. Satu maksud yang sama bisa berbeda rasa keindahannya bila diungkapkan dengan cara yang berbeda, menggunakan pilihan kata yang unik dan dirangkai dalam susunan kalimat yang khas.

Education

Pada akhirnya, ketiga aspek tersebut akan kurang kokoh kekuatannya apabila tulisan itu tidak bernilai mendidik. Secara sederhana, mendidik berarti memberi panduan, menegaskan sikap, dan keberpihakan dengan alasan yang kuat dan dapat diterima, memberi pencerahan, serta membangkitkan dorongan untuk bertindak.

 

(Dikutip dn dirangkum dari buku Dunia Kata, M Fauzhil Adhim, penerbit Dar! Mizan)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s