Adean Ku Kuda Beureum


             Judul tulisan ini adalah salah satu contoh peribahasa Sunda, yang kurang lebih artinya adalah “Bangga Dengan Barang Pinjaman”.

Beberapa minggu yang lalu, saya dan keluarga berwisata ke Taman Safari Bogor dengan menyewa mobil. Mobilnya sih biasa saja, tidak terlalu mewah.

Saya ingin memperlihatkan dan memperkenalkan kepada anak- anak saya, binatang- binatang yang selama ini hanya mereka lihat di televisi. Walau pun mereka sudah mengenali hampir semua binatang- binatang “safari” seperti gajah, kura- kura, kudanil, jerapah, badak, beruang, unta, sapi, buaya, sapi, zebra, ular, kuda, singa, harimau, cheetah, jaguar, puma (mereka hanya bisa membedakan Lion dengan Tiger, yang ada jambangnya, itu lion. Hehehe), tapi mereka sama sekali belum pernah melihat binatang- binatang itu dari dekat.

Di Doha ada juga sih Kebun Binatang, tapi tidak terlalu besar, dan yang menarik buat mereka hanya gajah dan jerapah.

Dan benar saja, ketika pintu pagar gerbang safari mulai terbuka dan para pengunjung mulai ditonton binatang (iya lah, di Taman Safari, selain di Baby Zoo, manusia yang dikandangi di dalam mobil kan?).

Anak- anak mulai heboh.

Mereka melotot kegirangan. Kadang meloncat ke kiri dan ke kanan. Melihat jendela kanan, lalu melihat jendela kiri, atau ke belakang. Ketika ada binatang yang mereka kenali, langsung kompak the mulut- mulut kecil mereka berteriak:

“Itu Jerapaahh..!”

“Itu Singa..!”

“Itu Tiger..Tigerrr…! Hwwaauuw ywuiaawwaauuw..!” Si kecil tak lupa menirukan suara harimau sesuai versinya, sambil tak terlewat tangan mungilnya menirukan gerakan mencakar.

Ada sih beberapa binatang yang mereka tidak kenali.

Berang- berang, Llama, Rusa, dan beberapa binatang yang kadang saya pun tidak tahu namanya, harus saya kenalkan dulu ke mereka.

Bagian yang paling heboh sih, tentu saja ketika bagian memberi makan Zebra- zebra dan Llama yang sepertinya sudah terbiasa berlalu lalang di sepanjang jalan mobil atau bis para pengunjung.

Tiga kantong plastik wortel merah kecil yang masih ranum, dan masih bertahtakan daun  hijaunya tak lama berpindah dari tangan- tangan kami yang kadang ketakutan, dan kadang geli ketika lidah si Zebra atau Llama hampir menyentuh tangan kami.

Nah, yang paling berkesan dari kunjungan kami itu sih bukan hanya safari, Baby Zoo, Elephant Show, bioskop mini empat dimensi saja.

Ada “kenangan”yang berkaitan dengan judul tulisan ini.

Setelah safarai selesai, kami pun segera menuju ke tempat parkir untuk bersiap- siap makan siang dan sholat Zhuhur.

Ketika menunggu bapak supir, saya melihat ada mobil mewah yang parkir di sebelah mobil saya. Kacanya gelap sih. Dan saya kira pula tidak ada seorang pun yang berada di dalam.

Dengan cueknya saya foto- foto deh itu mobil.

Ceritanya sih, mobil ini akan menjadi target impian saya jika saya akan membeli mobil di Indonesia.

Setelah beberapa jepretan dari balik jendela mobil, saya jadi yakin kalau tidak ada orang di dalam mobil itu.

Ketika supir tiba, langsung saya minta tolong supir itu untuk mengambil foto kami di depan mobil bagus itu.

Istri saya sempat curiga sih, katanya dia mendengar suara orang yang berbicara di dalam mobil itu. Ah, tapi langsung saya bantah. Saya yakin, karena sudah beberapa kali memotret, tidak ada seorang pun yang keluar dari mobil itu

Dan akhirnya, sukses lah kami sekeluarga berfoto dengan latar belakang mobil mewah itu dan sekaligus gerbang di dalam Taman Safari itu memakai kamera digital dan tentunya sebagai warga Blackberry Nation, tak lupa dengan memakai BB juga.

“Lumayan, buat foto profil di bbm sama buat posting Twitter, kan orang mah ngga akan tahu kalau itu mobil orang lain!” Pikirku sambil tersenyum- senyum sendiri.

Ehh…

Ternyata oh ternyata.

Tidak sampai sepuluh detik kami berfoto- foto ria di depan mobil itu, terdengar bunyi “Jeblug!”.

Bunyi pintu mobil yang ditutup.

Ternyata, di dalam mobil itu ada orangnya. Lengkap satu keluarga, yang keluar satu per satu sambil tersenyum dan cekikikan.

Hadeuh…Malu Euy!

Doha 12042013

Iklan

2 pemikiran pada “Adean Ku Kuda Beureum

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s