Strong Networking, Mulailah dengan 3A


Membangun jaringan berarti menciptakan pola pergaulan dari hati ke hati dengan penuh keikhlasan. Hal ini insya Allah akan terasa sangat indah dan menyenangkan. Pergaulan yang penuh rekayasa demi kepentingan “sesaat” tidak akan pernah langgeng dan cenderung menimbulkan masalah.

Rumus membangun silaturahmi yang powerful sebenarnya tidak terlalu rumit. Kita bisa sebut 3A yang juga menjadi jalan membangun kredibilitas. Yaitu aku aman bagimu, aku menyenangkan bagimu dan aku bermanfaat bagimu.

Aku Aman Bagimu
Buatlah diri kita memiliki kesan aman bagi setiap orang. Sifat galak, judes, ataupun emosional bukan sifat yang disenangi. Orang jadi dan merasa tidak aman sehingga suasana kondusif untuk berkarya tidak akan terjadi. Mereka pun akan banyak menghindar. Akibatnya, komunikasi dan silaturahmi jadi terhambat.

Karena itu, jadilah orang yang aman dan nyaman bagi orang lain. Praktikkan 5 S, yaitu senyum, salam, sapa, sopan dan santun. Keyakinan ini harus terus dihujamkan ke dalam hati untuk tidak merugikan orang lain.

Ada beberapa tips untuk menjadi pribadi “aman” bagi orang lain, di antaranya: hindari penghinaan, hindari ikut campur urusan pribadi, hindari memotong pembicaraan, hindari membanding-bandingkan, jangan membela musuhnya dan mencaci kawannya, hindari merusak kebahagiaan, angan mengungkit masa lalu, jangan mengambil haknya, hati-hati dengan marah, jangan menertawakannya, hati-hati dengan penampilan, bau badan dan bau mulut

Aku Menyenangkan Bagimu
Sikap menyenangkan akan menentukan nilai diri kita. Sedikit pun kita takkan terhina dengan sikap buruk orang lain. Sebaliknya, kita akan terhina bila tidak bisa menjaga sikap kita dengan baik.

Untuk itu, mari kita kendalikan sikap kita saat menyuruh, mempersilakan, malarang, meminta sesuatu atau menolak apa pun. Semua itu harus tampak pada sikap tubuh kita. Berikut ini beberapa rambu yang akan membuat kita tampil sebagai pribadi menyenangkan. Yaitu: wajah cerah ceria, senyum tulus, kata-kata yang santun dan lembut, selalu menyapa dan gemar mengucapkan salam, bersikap dnegan sopan dan penuh penghormatan, menyenangkan perasaan orang lain, penampilan yang menyenangkan, dan mampu maafkanlah orang lain.

Aku Bermanfaat Bagimu
Untuk meraih jalinan silaturahmi positif dan keridhaan Allah SWT, kita harus menjadi manusia terbaik dengan terus meningkatkan kemanfaatan diri bagi orang lain. Hidup penuh manfaat akan membuat keberadaan kita diperlukan.

Untuk mewujudkannya, ada beberapa hal yang perlu kita lakukan. Yaitu: rajin bersilaturahmi, saling berkirim hadiah, selalu menolong dengan segala cara, gemar menyumbangkan ilmu pengetahuan.

Demikian beberapa seni membangun silaturahmi yang perlu kita miliki. Insya Allah, jika hidup kita penuh manfaat, maka kebahagiaan dalam menjalin silaturahmi akan terasa lebih nikmat. Bukankah sebuah kenikmatan bila kita bisa berbuat sesuatu untuk kebaikan orang lain?
( KH Abdullah Gymnastiar )

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s